Berita Kegiatan

Dinas Sosial Kab. Simalungun Bantu Masyarakat Miskin di Kec. Dolok Panribuan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Dinas Sosial menyambangi sekaligus membantu masyarakat di Huta Buntu Bartong Nagori Tiga Dolok Kecamatan Dolok Panribuan, Sumut, Rabu (3/8/2022).

Bantuan tersebut berupa sembako yang diberikan langsung oleh Kadis Sosial Sakban Saragih kepada masyarakat miskin Lanjut Usia (Lansia) atas nama pasangan bapak Siallagan/br Nainggolan diwakili kepala dusun (gamot) Buntu Bartong Ridwan Rajagukguk.

Pemberian bantuan tersebut merupakan tindaklanjut laporan Forum Orang Miskin Kota Medan (FORMIKOM) Kabupaten Simalungun tentang adanya masyarakat miskin lansia di Huta Buntu Bartong Nagori Tiga Dolok Kecamatan Dolok Panribuan yang membutuhkan bantuan.

Gosmas Sitio, selaku Kaur Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Nagori Tiga Dolok mengatakan bahwa masyarakat miskin Lansia yang menerima bantuan di Nagori Tiga Dolok telah dimasukkan dalam Verifikasi dan validasi (Verval) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan masuk dalam lansia PKH (Program Keluarga Harapan)

Dalam kesempatan itu, Kadis Sosial Kabupaten Simalungun Sakban Sinaga menjelaskan tentang Verval DTKS tahun 2022 yang baru selesai dilaksanakan.

Sakban mengatakan bahwa musyawarah desa/nagori menjadi dasar penentuan siapa yang diusulkan mendapatkan bantuan sosial. “Karena peserta musyawarah itu yang tahu siapa yang miskin di nagori tersebut,”sebutnya.

Dijelaskan Sakban, peserta musyawarah desa terdiri Gamot, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pangulu, LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), Maujana, tokoh masyarakat, tokoh agama dan perangkat nagori.

“Verifikasi dan validasi DTKS diawali dari musyawarah Nagori, hasil musyawarah dibuat berita acara kemudian data dalam bentuk template dikirim ke Dinsos Simalungun melalui kecamatan,”ujarnya.

Menurut Sakban, data template tadi di input Dina Sosial ke aplikasi SIKS NG (Sistem Kesejahteraan Sosial-Next Generation).

“Kalau data tidak bermasalah maka diterima oleh Pusdatin (Pusat Data dan Informasi). Dan data yang bermasalah ditolak dan diperbaiki,”ucap Sakban sebari menjelaskan bahwa setelah diterima Pusdatin, data di tetapkan oleh Menteri Sosial dan dikeluarkan By Name By Address (BNBA) nya.

Terkait dengan bantuan yang diberikan, Sakban berharap kiranya dapat membantu meringankan beban keluarga bapak Siallagan. “Ini juga merupakan kepedulian Pemkab Simalungun terhadap masyarakatnya yang membutuhkan bantuan,”ujarnya.

Usai menyambangi dan memberikan bantuan keluarga pasangan bapak Siallagan/br Nainggolan, Kadis Sosial yang juga didampingi Kabid Rehabilitasi Sosial Yudha Yanti, Kabid Pemberdayaan Fakir Miskin Okto Sinaga, S.Kom Camat Dolok Panribuan Nopen G Sijabat dan Ketua FORMIKOM Lipen Simanjuntak, menyambangi kediaman Bestan br Sinaga.

Bestan br Sinaga, salah seorang masyarakat Lansia di nagori yang sama dalam kondisi lumpuh. Bestan menyampaikan prohonannya kepada Pemkab Simalungun melalui Dinas Sosial untuk diberi bantuan kursi roda.

Mendengar permohonan warga tersebut, Kadis Sosial Sakban Saragih mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan bantuan kursi roda kepada Bestan br Sinaga. “Mudah-mudahan bisa kita berikan tahun ini,”ucapnya.

Semengara itu, Ketua FORMIKON Kabupaten Simalungun Lipen Simanjuntak menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Simalungun melalui Dinas Sosial yang telah merespon laporannya dari pihaknya. “Terima kasih atas kehadirannya, semoga permohonan bapak ibu ini segera terealisasi,”harapnya.

Tampak hadir dalam kesempatan itu, staf dinas social dan kecamatan serta masyarakat.