HASIL KUNJUNGAN INSPEKTORAT DAERAH TERHADAP PELAYANAN PUBLIK OLEH DINAS SOSIAL KABUPATEN SIMALUNGUN

  1. Latar Belakang

Pelayanan publik (public service) oleh aparatur pemerintah khususnya pelayanan dibidang administrasi pemerlu layanan merupakan kondisi eksisting yang mengambarkan berhasil atau tidaknya suatu lembaga pemerintah dalam memberikan pelayanan pada masyarakat, hal ini disebabkan validitas output pelayanan administrasi surat keterangan atau surat rekomendasi merupakan dasar /kunci dari semua jenis pelayanan berikutnya,

Untuk itu sumber daya manusia dalam satuan kerja perangkat Daerah yang mengampu pelayanan administrasi surat keterangan maupun surat rekomendasi serta pelayanan pengaduan sampai saat ini masih banyak dijumpai kelemahan sehingga belum dapat memenuhi kualitas yang diharapkan masyarakat. Hal ini dapat dibuktikan dengan masih adanya berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan baik melalui media massa, elektronik maupun non elektronik, sehingga dapat menimbulkan citra yang kurang baik terhadap aparatur pemerintah.

Mengingat fungsi utama pemerintah adalah melayani masyarakat maka pemerintah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan. Untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan dibidang administrasi maupun pengaduan-pengaduan masyarakat pemerlu layanan, maka kepala inspektorat Daerah Kabupaten Simalungun secara berkala melakukan pengawasan serta secara terus-menerus berbenah guna peningkatan pelayanan dilingkungan pemerintahan Kabupaten Simalungun. 

  • TUJUAN

Adapun yang menjadi tujuan dari pengawasan ini adalah untuk mengetahui:

  1. Sejauh mana pengetahuan yang dimiliki oleh Dinas Sosial dalam memberikan informasi kepada publik
  2. Bagaimana cara Dinas Sosial dalam berkomunikasi dengan masyarakat
  3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan satu kasus atau satu administrasi
  4. Apakah Dinas Sosial memiliki pengetahuan teknis terhadap pelayanan yang dilakukan, hal ini berkaitan dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.
  5. Apakah Dinas Sosial dapat bekerja secara team dengan petugas lain. Hal ini berkaitan dengan bagaimana agar dapat bekerjasama dalam memberikan pelayanan yang baik.
  6. Langkah apa yang diberikan Dinas Sosial terhadap masyarakat yang bersifat arogan. Hal ini berkaitan dengan penguasaan emosi, sikap yang dimiliki oleh petugas.
  7. Apakah informasi terbaru selalu dimiliki oleh Dinas Sosial. Hal ini berkaitan dengan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh warga.
  8. Kedisiplinan dalam menjalankan tugas dalam pelayanan sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan oleh Pemerintah.
  • HASIL EVALUASI

Berdasarkan hasil tinjauan, pengawasan dan wawancara terhadap petugas pelayanan di Dinas Sosial, maka dapat disimpulkan bahwa:

NoTujuan yang dicapaiHasil Evaluasi
1Sejauh mana pengetahuan yang dimiliki Dinas Sosial dalam memberikan informasi kepada publik Dinas Sosial memiliki pengetahuan yang dapat mendukung dalam pelayanan yang baik.
2Bagaimana cara Dinas Sosial dalam berkomunikasi dengan masyarakatDinas Sosial serta seluruh stackholder yang terlibat memiliki tingkat komunikasi yang baik dalam berkomunikasi dengan masyarakat yang memerlukan layanan.
3Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan satu kasus atau satu administrasiDidukung oleh pengetahuan yang mumpuni, Dinas Sosial dapat menyelasaikan satu kasus dengan cepat dan baik sehingga masyarakat puas.
4Apakah Dinas Sosial memiliki pengetahuan teknis terhadap pelayanan yang dilakukan, hal ini berkaitan dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.Selain pengetahuan informasi, Dinas Sosial juga memiliki kemampuan terhadap teknis maupun tata laksana dengan baik, menguasai Aplikasi dengan baik.
5Apakah Dinas Sosial dapat bekerja secara team dengan petugas lain. Hal ini berkaitan dengan bagaimana agar dapat bekerjasama dalam memberikan pelayanan yang baik.Berdasarkan hasil tinjauan, pengawasan, Dinas Sosial memiliki sifat team work dengan baik. Mampu berbagi informasi dengan sangat maksimal.
6Langkah apa yang diberikan Dinas Sosial terhadap masyarakat yang bersifat arogan. Hal ini berkaitan dengan penguasaan emosi, sikap yang dimiliki oleh petugas.Dinas social  memiliki tingkat emosional yang stabil sehingga dapat menyesuaikan dengan emosi masayarakat yang bersifat arogan.
7Apakah informasi terbaru selalu dimiliki oleh Dinas Sosial. Hal ini berkaitan dengan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh warga.Dinas Sosial selalu mengupdate diri dengan menggali informasi dibidang pelayanan yang diperlukan.
8Kedisiplinan dalam menjalankan tugas dalam pelayanan sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan oleh PemerintahDinas sosial memiliki tingkat disiplin yang baik dalam melakukan perkerjaannya sebagai pelayan public professional.
  • PENUTUP

Kunjungan yang dilakukan oleh kepala Inspektorat Kabupaten Simalungun terhadap petugas pelayanan dan stacholder terkait diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dibidang administrasi maupun pengaduan-pengaduan masyarakat sehingga memberikan dampak yang baik dalam meningkatkan kesejahteraan masayarakat Simalungun pada khususnya.

                                                                                                                                                                                                                                                            Pamatang Raya,  18 Agustus 2022

        Plt. I N S P E K T U R

                                                                                            ROGANDA SIHOMBING AP, M.Si

                                                                                     Pembina Tingkat I

                                                                                        NIP. 19741202 199503 1 00 1