HASIL EVALUASI  KINERJA PETUGAS PELAYANAN

MASYARAKAT DILINGKUNGAN DINAS SOSIAL

KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN 2022  

  1. Latar Belakang

Pelayanan publik (public service) oleh aparatur pemerintah khususnya pelayanan dibidang administrasi pemerlu layanan merupakan kondisi eksisting yang mengambarkan berhasil atau tidaknya suatu lembaga pemerintah dalam memberikan pelayanan pada masyarakat, hal ini disebabkan validitas output pelayanan administrasi surat keterangan atau surat rekomendasi merupakan dasar /kunci dari semua jenis pelayanan berikutnya,

Untuk itu sumber daya manusia dalam satuan kerja perangkat Daerah yang mengampu pelayanan administrasi surat keterangan maupun surat rekomendasi serta pelayanan pengaduan sampai saat ini masih banyak dijumpai kelemahan sehingga belum dapat memenuhi kualitas yang diharapkan masyarakat. Hal ini dapat dibuktikan dengan masih adanya berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan baik melalui media massa, elektronik maupun non elektronik, sehingga dapat menimbulkan citra yang kurang baik terhadap aparatur pemerintah.

Mengingat fungsi utama pemerintah adalah melayani masyarakat maka pemerintah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan. Memberikan bekal pengetahuan kepada petugas pelayanan atau SDM yang terlibat langsung terhadap tugas fungsi tersebut.

Untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan dibidang administrasi mauoun pengaduan-pengaduan masyarakat pemerlu layanan, maka kepala Dinas Sosial secara berkala melakukan evaluasi serta secara terus-menerus berbenah guna peningkatan pelayanan.

  • TUJUAN

Adapun yang menjadi tujuan dari evaluasi ini adalah untuk mengetahui:

  1. Sejauh mana pengetahuan yang dimiliki petugas pelayanan dalam memberikan informasi kepada publik
  2. Bagaimana cara petugas pelayanan dalam berkomunikasi dengan masyarakat
  3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan satu kasus atau satu administrasi
  4. Apakah petugas memiliki pengetahuan teknis terhadap pelayanan yang dilakukan, hal ini berkaitan dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.
  5. Apakah petugas dapat bekerja secara team dengan petugas lain. Hal ini berkaitan dengan bagaimana agar dapat bekerjasama dalam memberikan pelayanan yang baik.
  6. Langkah apa yang diberikan petugas terhadap masyarakat yang bersifat arogan. Hal ini berkaitan dengan penguasaan emosi, sikap yang dimiliki oleh petugas.
  7. Apakah informasi terbaru selalu dimiliki oleh petugas. Hal ini berkaitan dengan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh warga.
  8. Kedisiplinan dalam menjalankan tugas dalam pelayanan sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan oleh Pemerintah.
  • HASIL EVALUASI

Berdasarkan hasil tinjauan, pengawasan dan wawancara terhadap petugas pelayanan di Dinas Sosial, maka dapat disimpulkan bahwa:

NoTujuan yang dicapaiHasil Evaluasi
1Sejauh mana pengetahuan yang dimiliki petugas pelayanan dalam memberikan informasi kepada publik Petugas pelayanan memiliki pengetahuan yang dapat mendukung dalam pelayanan yang baik.
2Bagaimana cara petugas pelayanan dalam berkomunikasi dengan masyarakatPetugas pelayanan serta seluruh stackholder yang terlibat memiliki tingkat komunikasi yang baik dalam berkomunikasi dengan masyarakat yang memerlukan layanan.
3Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan satu kasus atau satu administrasiDidukung oleh pengetahuan yang mumpuni, petugas pelayanan dapat menyelasaikan satu kasus dengan cepat dan baik sehingga masyarakat puas.
4Apakah petugas memiliki pengetahuan teknis terhadap pelayanan yang dilakukan, hal ini berkaitan dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.Selain pengetahuan informasi, petugas pelayanan juga memiliki kemampuan terhadap teknis maupun tata laksana dengan baik.
5Apakah petugas dapat bekerja secara team dengan petugas lain. Hal ini berkaitan dengan bagaimana agar dapat bekerjasama dalam memberikan pelayanan yang baik.Berdasarkan hasil tinjauan, kunjungan dan wawancara petugas pelayanan memiliki sifat team work dengan baik. Mampu berbagi informasi dengan sangat maksimal.
6Langkah apa yang diberikan petugas terhadap masyarakat yang bersifat arogan. Hal ini berkaitan dengan penguasaan emosi, sikap yang dimiliki oleh petugas.Petugas pelayanan memiliki tingkat emosional yang stabil sehingga dapat menyesuaikan dengan emosi masayarakat yang bersifat arogan.
7Apakah informasi terbaru selalu dimiliki oleh petugas. Hal ini berkaitan dengan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh warga.Petugas pelayanan selalu mengupdate diri dengan menggali informasi dibidang pelayanan yang diperlukan.
8Kedisiplinan dalam menjalankan tugas dalam pelayanan sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan oleh PemerintahPetugas pelayanaan memiliki tingkat disiplin yang baik dalam melakukan perkerjaannya sebagai pelayan public professional.
  • PENUTUP

Evaluasi yang dilakukan oleh kepala Dinas Sosial Kabupaten Simalungun terhadap petugas pelayanan dan stacholder terkait diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dibidang administrasi maupun pengaduan-pengaduan masyarakat sehingga memberikan dampak yang baik dalam meningkatkan kesejahteraan masayarakat Simalungun pada khususnya.

                                                                                                                                                                                                                                                            Pamatang Raya,          Juli 2022

KEPALA DINAS SOSIAL

KABUPATEN SIMALUNGUN

SAKBAN SARAGIH SP, M.Si                              
PEMBINA Tk. I
NIP. 197205232000031004